Paket Pendakian Gunung Rinjani 3.726 mdpl

Paket Pendakian Gunung Rinjani 3.726 mdpl
Seven Summits #Puncak Ketiga Seven Summits Indonesia 
Puncak Rinjani 3.726 mdpl 

From Wikipedia, the free encyclopedia

Gunung Rinjani adalah gunung yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung yang merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 mdpl serta terletak pada lintang 8º25' LS dan 116º28' BT ini merupakan gunung favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya. Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sekitar 41.330 ha dan ini akan diusulkan penambahannya sehingga menjadi 76.000 ha ke arah barat dan timur.

Secara administratif gunung ini berada dalam wilayah tiga kabupaten: Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Barat.

Puncak Gunung Rinjani

Pendakian Gunung Rinjani (puncak) merupakan salah satu objek wisata yang menjadi andalan di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Gunung Rinjani sebagai gunung vulkanik yang masih aktif nomor 2 tertinggi di Indonesia. Puncak Gunung Rinjani merupakan tujuan sebagian besar para petualang dan pencinta alam yang mengunjungi kawasan ini karena apabila telah berhasil mencapai puncak itu merupakan suatu kebanggaan tersendiri. 

Animo komunitas pencinta alam di seluruh nusantara bahkan dari mancanegara dalam kegiatan pendakian cukup besar, ini terbukti dengan jumlah pengunjung yang melakukan pendakian setiap tahunnya mengalami peningkatan. Kegiatan pendakian secara besar-besaran dilakukan pada bulan Juli s/d Agustus, pada bulan Agustus [pertengahan] peserta pendakian umumnya didominasi oleh kalangan pelajar / mahasiswa dari seluruh Indonesia yang ingin merayakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia di Puncak Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak melalui kegiatan “Tapak Rinjani” yang diadakan secara rutin setiap tahunnya oleh salah satu kelompok pencinta alam di Pulau Lombok yang bekerjasama dengan Balai Taman Nasional Gunung Rinjani.

Danau Segara Anak

Pesona unggulan Taman Nasional Gunung Rinjani yang sangat prospektif adalah Danau Segara Anak, lokasi ini dapat ditempuh dari dua jalur resmi pendakian yaitu jalur pendakian Senaru dan jalur pendakian Sembalun.

Untuk mengunjungi Danau Segara Anak dari jalur Senaru dibutuhkan waktu tempuh sekitar 7 – 10 jam berjalan kaki (± 8 Km) dari pintu gerbang jalur pendakian Senaru. Sedangkan dari jalur pendakian Sembalun ditempuh dalam waktu 8 – 10 jam. Danau segara anak dengan ketinggian ± 2.010 m dpl dan kedalaman danau sekitar ± 230 meter mempunyai bentuk seperti bulan sabit dengan luasan sekitar 1.100 Ha.

Disekitar Danau Segara Anak terdapat lahan yang cukup luas dan datar, dapat digunakan untuk tempat berkemping / berkemah, juga pengunjung bisa memancing ikan di danau atau berendam di air panas yang mengandung belerang.

Objek lainnya di sekitar Danau Segara Anak adalah Hulu Sungai Koko Puteq ± 150 meter dari Danau Segara Anak. Selain itu terdapat pula Goa Susu, Goa Manik, Goa Payung, Goa Susu dipercaya dapat dijadikan media bercermin diri serta sering pula dipergunakan sebagai tempat bermeditasi. Sedangkan di bagian bawah Danau Segara Anak terdapat sumber air panas (Aik Kalak Pengkereman Jembangan) yang biasa digunakan untuk menguji dan memandikan benda-benda bertuah (Pedang, Keris, Badik, Tombak, Golok, dll) dimana jika benda-benda tersebut menjadi lengket apabila direndam itu menandakan benda-benda tersebut jelek / tidak memiliki kekuatan supranatural, sebaliknya apabila benda-benda tersebut tetap utuh berarti benda tersebut memiliki kekuatan supranatural / dipercaya memiliki keampuhan.

Paket Pendakian Gunung Rinjani
Paket Pendakian yang kami tawarkan berdurasi 4 Hari 3 Malam dimulai dari Basecamp Sembalun dan Turun ke Basecamp Senaru.
Hari Pertama
Tiba di Bandara Lombok [18.00]
Dilanjutkan ke Senaru Lombok Utara
Dilanjutkan Brifing, Makan Malam, Free Program

Hari Kedua
Desa Senaru [601 mdpl] – Desa Sembalun [1.100 mdpl] – Pelawangan Sembalun [2.639 mdpl]
Makan Pagi [06.00]
Dilanjutkan ke Sembalun [mengurus SIMAKSI oleh tim]
Dilanjutkan ke Plawangan Sembalun [Makan Siang]
Dilanjutkan Istirahat, Makan Malam, Free Program

Hari Ketiga
Plawangan Sembalun [2.639 mdpl] - Puncak [3.726 mdpl] – Danau Segara Anak – Air Panas
Prepare Summit Attack [02.00]
Dilanjutkan ke Puncak [Summit Attack]
Dilanjutkan Xplore Puncak Rinjani [06.00]
Dilanjutkan ke Plawangan Sembalun [3.639 mdpl, Makan Siang]
Dilanjutkan ke Danau Segara Anak
Dilanjutkan Istirahat, Makan Malam, Free Program

Hari Keempat
Danau Segara Anak – Air Panas [2.008 mdpl] – Plawangan Senaru [2.641 mdpl]
Makan Pagi
Dilanjutkan ke Plawangan Senaru [2.641 mdpl]
Dilanjutkan ke Basecamp Senaru
Trip Selesai
See You Next Trip

Catatan,
Rencana Perjalanan sebagai acuan dan dapat berubah sewaktu waktu.

Fasilitas [Include]
  1. Transportasi Darat [Meet Point - Basecamp]
  2. Penginapan di Senaru
  3. Konsumsi Selama Trip
  4. Tiket Masuk Taman Nasional
  5. Perlengkapan Kelompok [Tenda, Kompor, Nesting, dkk]
  6. Guide Professional
  7. Porter Kelompok
Bukan Termasuk Fasilitas [Exclude]
  1. Tiket Pesawat Jakarta [Meet Point] - Lombok PP
  2. Pengeluaran Pribadi
  3. Perlengkapan Pribadi
  4. Tips [Crew]
Special Price Seven Summit Indonesia
IDR WA 085 643 455 685 / orang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar